PEMBELAJARAN DI SMA TERBUKA (SMATER)
ANTARA
TANTANGAN DAN HARAPAN
OLEH : Neneng Titin Suryati,M.Pd.
SMAN 1 Cipeundeuy
Pemanfaatan
berbagai peralatan media elektronik. Dalam dunia pendidikan, proses belajar
mengajar menggunakan berbagai media elektronik disebut e-learning. Dalam proses
tersebut, e-learning memerlukan suatu proses automatisasi. Automatisasi ini
bertujuan mendukung proses pembelajaran peserta didik (online atau ofline)
dan sistem manajemen administrasi secara otomatis. Sistem ini dikenal
dengan Learning Manajemen System (LMS). LMS, merupakan
perangkat lunak yang dapat mengautomatiskan proses belajar mengajar. Dengan
cara seperti ini, sistem belajar akan lebih efektif dan bisa lebih mandiri
dengan mengkombinasikan sistem belajar jarak jauh menggunakan jaringan internet.Kami terus berkonsultasi dengan sekolah
lainnya untuk mendapatkan informasi bagaimana mengelola SMATER ,baik proses
pembelajarannya,kurikulumnya,metoda belajar,pembimbingan, bahan ajar,penilaian serta pembiayaannya.
Juga kami sharing tentang suka duka dilapagan dalam menghadapi siswa SMATER.
Apa yang terjadi dilapangan di SMATER
yang kami kelola,merupakan pengalaman berharga yang berguna
diterapkan pembelajaran di SMATER. Mengingat mungkin selama ini yang
menjadi acuan adalah modul- modul seluruh mata pelajaran yang disesuaikan
dengan kurikulum SMA semua, siswa SMATER dituntut harus menyelesaikan seluruh
modul tersebut,hal ini tentu saja akan sangat memberatkan siswa SMATER karena
mengingat keterbatasan waktu dan social yang mereka miliki. Oleh karena kalau
mengejar kurikulum secara normatif di SMATER mungkin tidak akan tercapai.
Maka untuk beberapa mata pelajaran
tertentu diupayakan flexible karena siswa SMATER tidak lagi harus melulu
belajar /dijejali teoritis tapi lebih dititik
beratkan kearah penerapan atau aplikasi untuk kehidupannya yang
disesuaikan dengan sosial mereka.
Contohnya untuk mata pelajaran
Ekonomi kami guru dan Tutor di SMATER
lebih mengarahkan untuk melatih
siswa untuk belajar mengenal lingkungan sosial disekitarnya. Sehingga dengan
mempelajari mata pelajaran ekonomi diharapkan siswa dapat beradaptasi dalam
setiap situasi dan kondisi yang terjadi dilingkungannya. Penerapan pembelajaran
ekonomi ini menekankan pada aspek pengetahuan dan pengalaman yang langsung
dirasakan oleh siswa SMATER yang nota bene sebagiannya telah bekerja dan
berumah tangga. Sehingga kami merancang bahan pembelajaran yang efektif dan
kreatif agar siswa dapat memahami konsep-konsep ekonomi secara lebih nyata. Diperkuat
juga dengan pemanfaatan berbagai sumber media yang salah satunya adalah
multimedia interaktif diharapkan mampu meningkatkan ativitas siswa di TKB dalam
proses pembelajaran ekonomi.
Kami
selaku pengelola SMATER setiap ada jadwal tatap muka,setiap Sabtu Minggu ,selalu
berkeliling ke tiap – tiap TKB
untuk
memonitor jalannya kegiatan tatap muka di TKB, juga kami ingin mengetahui
kehadiran Guru Kunjung dan Tutor dan tentu saja ingin melihat keadaan siswanya yang hadir.
Kami
pengelola ingin juga mengevaluasi dan mendapat gambaran secara kasuistis pada pola pembelajarannya.
Sebab yang
sering terjadi selama ini di tiap TKB
yang kami pantau cenderung monoaktif.
Guru kunjung terlalu mendominasi proses
pembelajaran, sedangkan siswa diperlakukan sebagai objek yang harus disuapi.
Untuk beberapa mata pelajaran yang bertujuan mengasah ketrampilan siswa
dibutuhkan proses belajar interaktif yang menitik beratkan pada praktik dan
dilakukan secara berulang-ulang ini belum dilakukan sepenuhnya masih bertumpu
pada teoritis secara textbook. Memang pada kenyataannya proses belajar yang
hanya dilakukan saat jam Tatap Muka di TKB saja tidak cukup membuat siswa SMATER
memahami pelajaran dengan baik. Oleh sebab itu kami pengelola memberikan
kebebasan (Fexibel) terhadap Guru Kunjung/Tutor untuk melaksanakan rekayasa
sistem pembelajaran yang efektif dalam proses belajar mengajar
Sebagian
kecil dari Guru Kunjung/Tutor yang sudah melaksanakan selama ini, yaitu penggunaan multimedia sebagai media dalam
pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut.
Memang ini sudah diterapkan beberapa guru kunjung atau tutor dalam menyampaikan
materi pelajarannya di TKB dengan
menggunakan media yang umum salah satunya adalah LCD proyektor,tetapi saya amati tayangannya
masih didominasi tayangan berbentuk narasi saja,seakan tulisan yang biasa
dicatat dipapan tulis atau kertas dipindahkan ke LCD proyektor.
Keberhasilan
proses pembelajaran di SMATER tidak terlepas dari kemampuan Guru Kunjung/Tutor
mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan
intensitas keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan di dalam proses
pembelajaran, sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang
optimal. Maka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di SMATER diperlukan penggunaan model pembelajaran aktif.
Salah
satu model pembelajaran yang telah diterapkan contohnya , pada mata pelajaran
ekonomi dikolaborasi dengan mata
pelajaran kewirausahaan yaitu debat dan
Tanya jawab,ternyata respon siswa pada
mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran debat Tanya jawab,
hasil belajar menunjukan bahwa respon siswa dalam pembelajaran aktif
berdebat pada mata pelajaran ekonomi sangat
positif meningkatkan pengalaman belajar siswa dan tentunya perubahan pada hasil belajar. Terutama bagi siswa yang telah memasuki
dunia kerja secara langsung telah memberikan pengalamannya bagi siswa lainnya
sebagai pengetahuan bagi siswa lainnya yang belum bekerja.
Demikianpula
halnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) juga kami amati
telah dicobakan Guru Kunjungnya sudah
mulai kelihatan tidak membosankan bagi
sebagian siswa.Karena dipandang pelajaran ini banyak materi hapalan,dan kurang
diperhatikan oleh siswa karena mungkin penyajiannya kurang menarik.
Di TKB
SMATER pembelajaran PPKn yang kami amati sudah dikemas dari berbagai
bentuk,salah satu contohnya yang digunaan diantaranya pembelajaran kooperatif
antara guru dan siswa,diperkuat juga dengan pemutaran video yang sesuai dengan
tema yang hendak disampaikan,dikesempatan lainnya siswa disuruh mengomentari
dari tayangan video tersebut. Memang mata pelajaran yang memfokuskan pada
pembentukan diri yang beragam ini, yang diharapkan mampu dapat diwujudkan dalam
prilaku kehidupan sehari-hari siswa sebagai individu,anggota masyarakat dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.,sangat diharapkan siswa SMATER mengalami
perubahan kearah yang lebih positif.
Comments
Post a Comment