Skip to main content

E-modul sebagai Tawaran untuk Model Belajar Asinkronus Mandiri

E-modul dapat menjadi salah satu solusi untuk memfasilitasi gaya belajar siswa yang harus mengulang pelajaran berkali-kali sesuai kebutuhan belajar mereka. Hal ini dikarenakan jam tatap muka dengan guru terbatas. Sebetulnya e-modul dapat dicari sendiri siswa secara online, akan tetapi guru sebaiknya membuat e-modul sendiri sesuai gaya mengajarnya sehingga dapat terus mengarahkan dan mengontrol perkembangan belajar siswanya.

Guru pada saat ini memang harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Guru harus selalu meng-update diri sehingga tidak tertinggal pengetahuannya. Sangat disayangkan masih banyak guru yang belum bisa move on dari zona nyamannya dengan hanya mengandalkan metode ceramah dalam proses pembelajaran.

Untuk mengatasi permasalahan buta teknologi yang cenderung masih terjadi,pemerintah harus lebih banyak mengadakan pelatihan bagi para guru. Disamping itu, guru yang sudah bisa menguasai teknologi dapat berbagi pengetahuan serta memotivasi rekan-rekannya untuk menambah pengetahuan. Dengan meningkatnya keterampilan dan pengetahuan para gurunya, siswa akan terlayani dengan lebih baik



Comments

Popular posts from this blog

Task Analisys (Analisis Tugas) untuk Membangun Kemandirian Siswa Tunagrahita

Task Analisys (Analisis Tugas) untuk Membangun Kemandirian Siswa   Tunagrahita (Oleh: Ida Hamidah - Guru di SLB C Bina Asih Cianjur) Program Pengembangan Diri adalah “ruh” dari seluruh materi pembelajaran yang diberikan pada siswa tunagrahita. Salah satunya membelajarkan siswa pada kemandirian mengenakan pakaian. Mengingat siswa tunagrahita mengalami hambatan intelegensi dalam mengenakan pakaian sangat membutuhkan rincian-rincian tugas yang jelas (analisis tugas), dengan tujuan diharapkan siswa tunagrahita mampu memakai pakaian dengan baik dan benar. Analisis tugas (Task Analisys)   dirancang guru berdasarkan hasil asesmen.   Berikut ini analisis tugas dalam mengenakan pakaian (Kemeja berkancing). No Aspek yang Dinilai Skor Maksimal Kemampuan 1 2 3 1 Mampu mengambil kemeja berkancing 3 2 Mampu melakukan orientasi bagian ...