Skip to main content

Bermain Kahoots di Penjas


Kahoots merupakan aplikasi online untuk membuat kuis atau survey secara interaktif. Dimana kita dapat membuat kuis atau soal-soal ulangan yang menyenangkan bagi siswa. Siswa disini seperti diajak bermain kuis dan tanpa sadar mereka sedang melaksanakan ulangan harian. Dengan Kahoots kita dapat menciptakan sesuatu permainan pembelajaran  yang edukatif berupa kuis untuk siswa yang menyenangkan. Kahoots dapat dimainkan melalui web browser tanpa harus masuk membuat akun terlebih dahulu dengan hanya memanfaatkan smartphone peserta atau siswa. Ini membuat memungkinkan memudahkan siswa  untuk masuk bergabung bermain game online dari perangkat internet yang terhubung.
Selama gameplay, pertanyaan-pertanyaan dan hingga 4 jawaban pilihan ganda ditampilkan pada layar utama. Setiap jawaban sesuai dengan warna khas dan bentuk bukan dengan abjad seperti biasanya. Pada layar perangkat siswa, ada paling banyak empat persegi panjang dengan warna dan bentuk pada masing-masing, dan siswa perlu klik atau tekan pada persegi panjang yang mewakili jawaban yang benar. Desain game adalah seperti bahwa pemain diharuskan untuk sering mencari dari perangkat mereka, yang memungkinkan interaksi sosial dengan guru dan rekan-rekan mereka.
Untuk setiap pertanyaan dijawab dengan benar, sejumlah poin (dengan maksimal 1000, tergantung pada waktu siswa mengambil untuk menjawab pertanyaan) diberikan kepada masing-masing peserta didik. Pada akhir setiap pertanyaan, pelajar melihat skornya saat ini dan peringkatnya di kelas di layar sendiri. Peserta didik dengan 5 nilai tertinggi akan ditampilkan pada leaderboard pada layar utama juga, untuk mendorong persaingan yang sehat di antara pemain.
Permainan Kahoots ini sekarang mulai masuk dipelajaran penjas, dimana biasanya pembelajaran penjas yang seringnya praktek diluar lapangan sekarang ini bisa divariasikan untuk pembelajaran didalam kelas ketika waktu evaluasi atau ulangan harian. Tentunya hal ini menjadi respon positif bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas, dimana ketika waktu ulangan atau evaluasi di variasikan dengan permainan kuis Kahoots siswa sangat antusias dalam melaksanakan ulangan atau evaluasi bahkan siswa menagih kembali ingin bermain kembali Kahoots. Hal ini menjadikan penggunaan media smartphone menjadi positif dan menyenangkan bagi siswa didalam evaluasi atau ulangan pembelajaran penjas. Keberadaan smartphone yang menjamur di negara kita tidak perlu kita sesalkan. Saat ini keberadaan telepon genggam yang begitu menjamur harus kita siasati. Menjadikan fitur-fitur yang tersedia pada telepon genggam sebagai media pembelajaran adalah salah satu cara agar keberadaannya bermanfaat. Bukan keberadaannya yang kita batasi, namun penggunaannya harus kita siasati agar berdaya guna.

Comments

Popular posts from this blog

Task Analisys (Analisis Tugas) untuk Membangun Kemandirian Siswa Tunagrahita

Task Analisys (Analisis Tugas) untuk Membangun Kemandirian Siswa   Tunagrahita (Oleh: Ida Hamidah - Guru di SLB C Bina Asih Cianjur) Program Pengembangan Diri adalah “ruh” dari seluruh materi pembelajaran yang diberikan pada siswa tunagrahita. Salah satunya membelajarkan siswa pada kemandirian mengenakan pakaian. Mengingat siswa tunagrahita mengalami hambatan intelegensi dalam mengenakan pakaian sangat membutuhkan rincian-rincian tugas yang jelas (analisis tugas), dengan tujuan diharapkan siswa tunagrahita mampu memakai pakaian dengan baik dan benar. Analisis tugas (Task Analisys)   dirancang guru berdasarkan hasil asesmen.   Berikut ini analisis tugas dalam mengenakan pakaian (Kemeja berkancing). No Aspek yang Dinilai Skor Maksimal Kemampuan 1 2 3 1 Mampu mengambil kemeja berkancing 3 2 Mampu melakukan orientasi bagian ...