Kahoots merupakan aplikasi online untuk
membuat kuis atau survey secara interaktif. Dimana kita dapat membuat kuis atau
soal-soal ulangan yang menyenangkan bagi siswa. Siswa disini seperti diajak
bermain kuis dan tanpa sadar mereka sedang melaksanakan ulangan harian. Dengan Kahoots kita dapat menciptakan sesuatu
permainan pembelajaran yang edukatif
berupa kuis untuk siswa yang menyenangkan. Kahoots
dapat dimainkan melalui web browser tanpa harus masuk membuat akun terlebih
dahulu dengan hanya memanfaatkan smartphone
peserta atau siswa. Ini membuat memungkinkan memudahkan siswa untuk masuk bergabung bermain game online dari
perangkat internet yang terhubung.
Selama gameplay, pertanyaan-pertanyaan dan hingga 4
jawaban pilihan ganda ditampilkan pada layar utama. Setiap jawaban sesuai
dengan warna khas dan bentuk bukan dengan abjad seperti biasanya. Pada layar
perangkat siswa, ada paling banyak empat persegi panjang dengan warna dan
bentuk pada masing-masing, dan siswa perlu klik atau tekan pada persegi panjang
yang mewakili jawaban yang benar. Desain game adalah seperti bahwa pemain
diharuskan untuk sering mencari dari perangkat mereka, yang memungkinkan
interaksi sosial dengan guru dan rekan-rekan mereka.
Untuk setiap
pertanyaan dijawab dengan benar, sejumlah poin (dengan maksimal 1000,
tergantung pada waktu siswa mengambil untuk menjawab pertanyaan) diberikan
kepada masing-masing peserta didik. Pada akhir setiap pertanyaan, pelajar
melihat skornya saat ini dan peringkatnya di kelas di layar sendiri. Peserta
didik dengan 5 nilai tertinggi akan ditampilkan pada leaderboard pada layar
utama juga, untuk mendorong persaingan yang sehat di antara pemain.
Permainan Kahoots
ini sekarang mulai masuk dipelajaran penjas, dimana biasanya pembelajaran
penjas yang seringnya praktek diluar lapangan sekarang ini bisa divariasikan
untuk pembelajaran didalam kelas ketika waktu evaluasi atau ulangan harian.
Tentunya hal ini menjadi respon positif bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran
penjas, dimana ketika waktu ulangan atau evaluasi di variasikan dengan
permainan kuis Kahoots siswa sangat
antusias dalam melaksanakan ulangan atau evaluasi bahkan siswa menagih kembali
ingin bermain kembali Kahoots. Hal
ini menjadikan penggunaan media smartphone
menjadi positif dan menyenangkan bagi siswa didalam evaluasi atau ulangan
pembelajaran penjas. Keberadaan smartphone
yang menjamur di negara kita tidak perlu kita sesalkan. Saat ini keberadaan
telepon genggam yang begitu menjamur harus kita siasati. Menjadikan fitur-fitur
yang tersedia pada telepon genggam sebagai media pembelajaran adalah salah satu cara agar
keberadaannya bermanfaat. Bukan keberadaannya yang kita batasi, namun
penggunaannya harus kita siasati agar berdaya guna.
Comments
Post a Comment